Sunday, July 18, 2010

MENGATASI BAHAYA KOMPOR GAS YANG SERING MELEDAK

Ada apa dengan kompor gas di Indonesia?
Selesai dengan masalah terorist yang kerap kali meledakkan bom di negara kita. Kini bukan lagi sejenis bom yang sering mengambil nyawa penduduk. Tapi sudah beralih ke kompor gas. Tidak pernah absen setiap minggunya, kompor gas meledak di berbagai daerah pada medio 2010 ini. Terkadang sipemilik kompor terbakar tapi masih bisa diselamatkan. Tapi terkadang, ledakan tabung gas itulah yang menghabisi nyawanya. Menyakitkan sekali bila tertimpa tragedi seperti ini.
Memang belum saatnya mungkin mereka memakai kompor gas. Karena menurut penyelidikan, sipemakainya yang kurang hati hati. Kadang selangnya sudah bocor, tapi masih dipadakan. Kadang tabung gasnya sudah bocor, toh masih juga dipakai. Ada apa sebenarnya. Apakah pemakainya tidak takut bila kompor gasnya meledak? Ataukah karena tidak tahu bahwa keadaan seperti itu amat berbahaya? Ataukah karena tidak adanya dana masyarakat untuk membeli tabung maupun selang yang baru?
Bila memang karena belum tahu, pemerintah masih punya cara untuk mengajari rakyatnya. Pemerintah bisa mengajari cara pemakaian tabung gas ini melalui media media elektronik. Agar semua mengerti tentang tata cara pemakaian tabung gas dan juga tentang bahayanya.
Jika memang masyarakat tidak mampu membeli tabung baru atau mengganti selang yang bocor, mungkin pemerintah masih bisa mengalokasikan dana untuk mengganti peralatan kompor gas penduduk yang kurang mampu.
Bila memang pemakai kompor gas yang terlalu berani, mungkin dari peringatan peringatan yang bisa ditayangkan melalui televisi akan bisa mengurangi keberanian pemakai gas ini di dapur. Jika terlalu banyak beredar barang peralatan kompor gas yang palsu, alhamdulillah ini salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk memberantasnya. Memang barang barang palsu seperti selang gas, tentu akan sangat berbahaya sekali. Belakangan ini keadaan tabung tabung gas di gudang elpijipun sudah mulai disorot. Ini sudah menjadi salah satu kemeningkatan. Tapi sayangnya ledakan ledakan masih terus terjadi dimana mana di kota Jakarta.
Semoga rakyat kita akan semakin tahu akan bahaya kompor gas dengan peralatan palsu dan juga dengan pemakaian tabung gas bocor. Panduan tentang pemakaian kompor gas inipun diharap bisa ditayangkan di semua stasiun tv. Baik tv yang berbasis berita maupun yang sering menayangkan sinetron. Semua ini agar sampai ke masyarakat. Agar semua penduduk bisa selamat dari kompor gas yang sering meledak.

No comments: