Friday, May 21, 2010

PENGETAHUAN TENTANG MAS PUTIH ATAU PLATINA

Emas putih.
Mungkin anda sering melihat kalung atau cincin dari mas putih. Tahukah anda apa yang dimaksud emas putih? Samakah barang emas putih dengan emas yang biasa? Apakah emas putih merupakan campuran dari emas kuning dengan logam yang lain? Tidak. Tidak sama. Emas putih adalah logam Platina. Logam murni. Sedangkan emas biasa adalah emas biasa yang terdiri dari unsur emas kuning (unsur murni). Platina adalah logam mulia atau precious metals dan difungsikan sebagai hiasan pada zaman millenium ini. Sejak tahun 2003 platina lebih ngeterend disebut EMAS PUTIH. Logam ini berharga mahal sebab cadangan di dunia ini relativ sedikit dibanding emas kuning.
Asal usul platina umumnya dari platina alam atau native metal, Pt. Sedangkan biji placer terbentuknya karena adanya proses pelapukan terhadap bijih primair.
Di Indonesia endapan bijih platina terdapat di Riau (Daerah Bengkalis) dan Kalimantan Selatan (Daerah Martapura). Jadi dengan adanya tulisan singkat ini, anda telah tahu apa yang dinamakan emas putih.
Sekian tulisan singkat ini, semoga menambah pengetahuan anda.

No comments: