Saturday, May 24, 2008

RIWAYAT RINGKAS NABI MUHAMMAD SAW.

RIWAYAT RINGKAS NABI MUHAMMAD SAW.
Sebelum lahirnya Muhammad, ada 350 berhala di masjidil harom yang mengotori tempat itu . Para penduduk mekkah saat itu berada dalam kebodohan. Mereka menyembah patung yang telah mereka buat sendiri. Lalu tuhan menghendaki terjadi perkawinan seorang bernama Adullah bin Abdul Mutholib dan Aminah bin Abdul Wahab..Ketika Aminah mengandung bayi di rahimnya, dia bermimpi melihat cahanya keluar dari perutnya dan bersinar hingga ke istana Busro yanag ada di negeri Syam . Kemudian selagi Aminah mengandung Muhammad. Ayahandanya meninggal dunia . lalu beberapa bulan kemudian, Abdul Mutholib dikejutkan oleh suatu kebahangiaan. Karena lahirnya seorang pemimpin besar. Lahirnya pembawa kebenaran. Abu tholib menamainya Muhammad.
Kemudian untuk beberapa saaat, ia diserahkan ke kaum bani Saad, untuk disusukan. Hingga dikembalikan ke ibundanya Aminah di bawah tanggung jawab Abdul Mutholib.
Lalu pada umur 6 tahun, Muhammad ditakdirkan menjadi yatim piatu., karena meningggalnya ibunya di sebuah desa bernama Abwa , dekat madinah. Kemudian Ia diasuh oleh kakeknya, tapi dua tahun kemudian kakeknya menyusul kepergian kedua orang tuanya. Kakeknya meninggal saat ia berumur 8 tahun. Sebelum meninggal, kakenya telah menyerahkan Muhammad kepada pamannya Abu Tholib.Dan dibawah asuhannya Muhammad tumbuh beser. Dalam asuhannyalah Muhammad menjadi tumbuh besar, sang pemimpin yang yang membawa kebenaran yang tiada tandingannya. Sesudah dewasa ia dipercayakan semua kafilah untuk meletakkan batu hajarul aswad .Dan ia terkenal dengan nama Al-amin dikalangan kaum qurais. Auratnya tidak pernah terbuka, dan sama sekali tidak pernah menyembah patung. Dan karena kejujurannya,terdengarlah oleh seorang wanita yang bernama Khadijah. Saat itu juga Khadijah menawarkan pekerjaan untuknya.dan Khadijah menyertakan untuknya seorang hamba sahaya bernama Maisaroh.
Dalam perjalanan Maisaroh dan Muhammad di perniangaan ini, Maisaroh melihat keajaiban terjadi pada diri Muhammad. Dua malaikat selalu mengikuti dan menaunginya . Dan keuntungan yang mereka dapatkan berubah manjadi berlipat ganda . sehingga khadijah pun memberi upah dua kali lipat.
Tak lama kemudian, Khadijah menawarkan diri untuk dinikahi, dan Muhammad pun setuju. Lalu jadilah Khadijah sebagai istri pertama Muhammad saw.
Waktupun berlalu hingga Muhammad berumur 40 tahun. Orang orang Jahudi dan Nasrani ketika itu sudah tahu bahwa akan muncul seorang nabi di tanah Arab. Orang orang Jahudi di masa itu menyangka nabi yang akan datang itu adalah dari keturunan mereka. Sementara Muhammad pada saat itu telah punya kebiasaan. Beribadat di gua Hira, sebuah gua di antara dua gunung di dekat Makkah. Hingga menjelang usia 40 tahun, Muhammad sering bermimpi. Sehinga ketika ia beribadat di gua Hira. dia di datangi makhluk yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Dialah Jibril, yang menampakkan wajahnya dengan rupa aslinya. Muhammad kaget bukan kepalang. Lalu Jibril berkata, “Bacalah”.
“Aku tidak dapat membaca”. Jawab Muhammad.
Begini menurut cerita Rasulullah. Lalu ia memelukku hingga aku kepayahan. Lalu ia melepaskanku kemudian berkata , bacalah . lalu kujawab , Aku tak pandai membaca. Kemuudian ia kembali mememelukku sampai aku kepayahan. Lalu mengatakan,bacalah. Lalu kujawab, Aku tidak pandai membaca. Kemudian ia memelukku untuk ketiga kalinya. juga sampai aku kepayahan . lalu Jibril berkata.
“BACALAH [YA MUHAMMAD] DENGAN NAMA TUHANMU YANG TELAH
MENCIPTAKAN. TELAH MENCIPTAKAN MANUSIA DARI SEGUMPAL
DARAH. BACALAH DAN TUHANMU AMAT PEMURAH.YANG MENGAJARKAN [MANUSIA] DENGAN PENA.YANG MENGAJARKAN KEPADA MANUSIA APA-APAYANG TIDAK DIKETAHUINYA .[Surat al alaq 19].
Lalu kemudian Muhammad pulang ke rumah Khadijah dengan tubuh gemetaran .Muhammad mengatakan pada Khadijah, selimuti aku, selimuti aku. Kemudian Khadijah menyelimutinya hingga hilang rasa takutnya. Selain itu Muhammad bertanya kepada Khadijah. Ada apa dengan ku ?”.lalu Muhammad menceritakan semuanya pada khadijah.ia mengatakan,’’Aku khawatir terhadap diriku “.lalu Khadijah berkata,”Sesungguhnya Allah tidak akan menghinakanmu. Kau adalah orang yang mau menyambung persahabatan. Jujur dalam bicara. Mau menanggung penderitaan orang lain. Memberi fakir miskin. Mau menolong orang yang dalam kesusahan. Lalu Muhammad dan istrinya pergi ke rumah paman Khadijah bernama Waraqah bin Naufal. Pamannya itu seorang yang pandai menulis Arab. Dan pernah menulis Injil dengan tulis Arab pada masa itu. Dan ia sudah tua dan buta.. lalu Khadijah meminta Warakah untuk mendengar cerita Muhammad atau kemenakannya itu. Kemudin setelah Muhammad menceritakan seluruhnya, lalu Warakah menjawab, ”Itu adalah Malaikat Jibril, yang dulu diutus kepada nabi Musa as. Oh seandainya di saat kau berdakwah nanti, aku masih muda. Seandainya saat kaummu mengusirmu nanti, aku masih hidup, aku akan membelamu”
“Apakah mereka akan mengsirku ?”
“Ya. Tidak seorangpun membawa seperti yang kau bawa, kecuali akan di musuhi. Seandainya saat itu aku masih hidup, aku akan menolongmu sekuat tenaga”. Inilah awal dari perjungan Muhammad sollollohu alaihi wasallam [saw].
Oleh Mr. Tanjung Panyabungan dan Br. Batubara

Baca Riwayat Ringkas Lanjutan Nabi Muhammad Dibawah ini
PERJUANGAN MUHAMMAD MENEGAKKAN AJARAN AGAMA ISLAM

No comments: